Kamis, 17 Januari 2013

Bahaya Obat Nyamuk

Udah lama ni gak posting...... mumpung ane lagi pengen lagi ni mudah-mudahan bermanfaat buat kita semua,dan momentnya pas waktu musim hujan.Ini ane ambil dari jurnal ane......


Nyamuk adalah serangga tergolong dalam order Diptera, genera termasuk Anopheles, Culex, Psorophora, Ochlerotatus, Aedes, Sabethes, Wyeomyia, Culiseta, dan Haemagoggus untuk jumlah keseluruhan sekitar 35 genera yang merangkum 2700 spesies.Sedangkan untuk wabah  penyakit yang ditularkan nyamuk kepada manusia diataranya adalah malaria,demam berdarah,cikungunya,filariasis(kaki gajah),dan encephalitis.Sedangkan langkah-langkah yang dapat digunakan untuk melakukan pencegahan dari penularan penyakit dari nyamuk sangat banyak diantaranya adalah;
¤ Menggunakan kelambu (bed net) pada waktu tidur, lebih baik lagi dengan kelambu berinsektisida.
¤ Mengolesi badan dengan obat anti gigitan nyamuk (repellent).
¤ Menggunakan pembasmi nyamuk, baik bakar, semprot maupun lainnya.
¤ Memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi.
¤ Letak tempat tinggal diusahakan jauh dari kandang ternak.
¤ Mencegah penderita malaria dan gigitan nyamuk agar infeksi tidak menyebar.
¤ Membersihkan tempat hinggap/istirahat nyamuk dan memberantas sarang nyamuk.
¤ Hindari keadaan rumah yang lembab, gelap, kotor dan pakaian yang bergantungan serta genangan air.
¤ Membunuh jentik nyamuk dengan menyemprotkan obat anti larva (bubuk abate) pada genangan air atau menebarkan ikan atau hewan (cyclops) pemakan jentik.
¤ Melestarikan hutan bakau agar nyamuk tidak berkembang biak di rawa payau sepanjang pantai
dan melakukan 3M.
Banyak langkah yang dapat digunakan untuk melindungi diri dari penularan penyakit oleh nyamuk,untuk itu sekarang ini semua tergantung pada diri masing-masing.


Sekarang ini sudah banyak produk-produk berupa obat anti nyamuk yang beredar di masyarakat,baik itu berupa obat nyamuk bakar,elektrik,lotion dan spray yang promosinya sebagai obat pembasmi nyamuk yang ampuh,murah dan aman.
Dapat dikatakan bahwa obat A lebih ampuh dari obat B, tapi hal terpenting yang harus diketahui adalah seberapa amankah obat tersebut dalam penggunaannya.Karena alasan utama dalam menggunakan suatu obat baik itu obat anti nyamuk atau buakan adalah untuk menghidarkan diri kita dari sebuah penyakit.Prinsip dasar yang harus dipahami bahwa ketika menggunakan obat anti  nyamuk maka secara langsung yang dipakai adalah racun kimia,dan dapat dipahami bahwa tidak akan ada racun yang benar-benar aman dalam penggunaannya.


Penelitian
            Obat anti nyamuk atau obat nyamuk adalah obat (ramuan) pembasmi (pengusir) nyamuk.Obat anti nyamuk terdapat dalam beberapa jenis :
1.     Obat nyamuk bakar
Obat nyamuk bakar adalah bahan insektisida serta bahan kimia yang berbentuk padat dan penggunaanya dengan cara dibakar.
Dalam obatt nyamuk bakar ternyat sangat berbahaya. Sebuah penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa asap dari obat nyamuk adalah setara dengan 100 batang rokok. Akibatnya, masalah pernapasan pun kerap kali dialami oleh pengguna obat nyamuk bakar.
2.     Obat nyamuk elektrik
Obat nyamuk elektrik merupakan inovasi atau perkembangan dari obat nyamuk bakar.Obat nyamuk elektrik adalah suatu bahan kimia yang dipadatkan yang kemudian dipanaskan menggunakan listrik dan menghasilkan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk.
http://trendygalih.com/wp-content/uploads/2011/09/obat-nyamuk-elektrik-300x224.jpg

            Obat nyamuk elektrik mempunyai sifat hanya sebagai pengusir bukan sebagai pembasmi tetapi untuk kandungan racun yang terdapat di dalamnya hampir sama dengan apa yang terkandung dalam obat nyamu bakar dan spray
3.     Obat nyamuk lotion
Obat anti nyamuk atau lotion anti nyamuk (Repellent) adalah salah satu jenis anti nyamuk yang digunakan untuk melindungi tubuh (kulit) dari gigitan nyamuk.
untitled.bmp
Di dalam lotion anti nyamuk terkandung zat - zat kimiawi seperti DEET, permetrin, picaridin. Selain itu ada juga bahan yang berasal dari tumbuhan seperti citronella, cedar, verbena, pennyroyal, geranium, lavender, bawang putih, pine.
Penggunaan  jenis repellent yang mengandung DEET > 30% yang terlampau sering dan berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping. Effek samping yang paling cepat adalah allergi pada permukaan kulit, iritasi, dan eritema (kemerahan pada kulit). Dan pada penggunaan DEET > 30% dapat menyebabkan kanker kulit.
4.     Obat nyamuk Spray

Obat nyamuk spray adalah anti nyamuk yang berbentuk cair yang penggunaannya dengan disemprotkan.Sedangkan untuk bahan bantu untuk pelarut bahan aktif dan penyemprotannya,minyak tanah digunakan untuk pelarutanya.Karena alasan tidak ramah lingkungan maka bahan ini banyak dihindari. Akhirnya diganti dengan bahan-bahan campuran senyawa hidrokarbon seperti propana, n-butana dan isobutana, dimethyl ether (DME) dan methyl ethyl ether.
           
Bahan hidrokarbon ini secara alamiah memang berupa gas yang mudah terbakar. Selain senyawa-senyawa karbamat masih ada bahan aktif insektisida jenis lain. Bahan ini digunakan untuk obat nyamuk di pasaran Indonesia yang mengklaim produk dengan harga lebih murah. Produk ini mengklaim keampuhan membunuh serangga dan memang terbukti lebih ampuh. Bahan aktif yang digunakan untuk produk ini selain karbamat tadi juga ditambahkan dichlorvos. Bahan terakhir ini memang bersifat jauh lebih toksik, sehingga kemampuan membunuh serangga lebih cepat untuk dosis yang sama. Di beberapa negara maju, bahan ini sudah dilarang untuk digunakan.


            Dari data bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan obat anti nyamuk baik bakar,elektrik,lotion dan spray,di dapat beberapa bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi manusia baik itu berupa efek jangka pendek ataupun efek jangka panjang,beberapa bahan tersebuat adalah:
·         Propoxur (elektrik,bakar,spray) merupakan insektisida karbamat dan diperkenalkan pada tahun 1959. Propoxur adalah insektisida non-sistemik dengan knockdown cepat dan efek residu yang lama digunakan untuk melawan rumput, kehutanan, dan hama rumah tangga dan kutu.   (senyawa antaranya,MIC, pernah menewaskan ribuan orang dan menyebabkan kerusakan syaraf ratusan ribu orang lainnya dalam kasus Bhopal di India). 
·         Transfluthrin (bakar,spray) adalah piretroid insektisida dengan penetrasi yang rendah dan relative mudah menguap.Transfluthrin dapat menyebabkan gejala keracunan termasuk termor gugup,kecemasan,kejang,alergi kulit,bersin,iritasi.
·         Dichlorvos(elektrik,spray) adalah organofosfat yang banyak digunakan sebagai insektisida untuk mengendalikan hama rumah tangga,dan serangga. Dichlorvos menyebabkan,sakit kepala,sesak di dada,penglihatan kabur,air liur,berkeringat,mual,muntah,diare,dan perut kram.
·         Diethyltoluamide (lotion) adalah cairan aktif yang digunakan sebagai penolak  serangga.Diethyltoluamide tidak hanya aktif tetapi juga efektif untuk dapat membubarkan beberapa plastik, rayon, spandex, kain sintetis lainnya, dan permukaan yang dicat atau dipernis termasuk cat kuku.Penggunaan Diethyltoluamide yang belebihan dalam jangka panjang juga akan menyebabka kanker pada kulit manusia.
·         Cyfluthrin (bakar,spray) merupakan turunan piretroid sintetis yang digunakan sebagai insektisida dalam penggunaan pestisida terbatas dan pestisida rumah tangga biasa. Ini adalah senyawa organik kompleks, dan produk komersial dijual sebagai campuran isomer. Paparan berlebihan dapat menyebabkan mual, sakit kepala, kelemahan otot, air liur, sesak napas dan kejang.












Tidak ada komentar:

Poskan Komentar